Ukuran Rantai Xabre Berapa Panjangnya?

oleh

Sorotmedia.com – Ukuran rantai Xabre itu berapa? Panjang rantai memang jadi salah satu aspek yang krusial, sebab jika salah beli maka bisa berakibat tidak dapat dipasangkan.

Rantai, ini adalah komponen yang biasanya terbuat dari baja yang menjadi penghubung antara gear depan dan belakang.

Dalam dunia permotoran, terlebih untuk motor non matic yang menggunakan sistem transmisi manual atau yang semi otomatis, rantai jadi salah satu hal yang kerap diperhatikan.

Bukan tanpa alasan, sebab jika rantai sampai salah terpasang atau rusak, maka bisa berakibat motor bermasalah saat dipakai.

Yang paling seram sih rantai motor putus saat digunakan di jalan dan nyangkut di antara celah swing arm sehingga membuat motor terpelanting.

Hih, seram!

Ukuran Rantai Xabre

Ukuran Rantai Xabre Berapa Panjangnya?

Panjang rantai Xabre adalah 132 mata saja, dengan ketebalan sebesar 428. Di mana, kadang penulisan rantai ini ditulis sebagai demikian 428-132L.

Seperti yang disinggung sebelumnya, 428 artinya adalah ketebalan rantai, di mana jika rantai punya ketebalan 428, maka gear-nya pun harus memiliki ketebalan 428.

Sedangkan untuk 132L artinya adalah panjang dari rantai itu sendiri. Huruf L di belakang angka mengartikan sebagai panjang.

Loh? Ya, L di sini adalah singkatan dari Length yang mana bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah panjang.

Harga Rantai Yamaha Xabre

Motor dengan basic mesin Yamaha R15 V2 ini memiliki harga rantai yang cukup lumayan mahal.

Untuk yang original Yamaha, harganya berkisar antara 300 ribuan tergantung dari mana kita membelinya.

Sedangkan yang aftermarket misal dari SSS hingga DID, harganya mulai dari 100 ribuan hingga 300 ribuan tergantung kualitas dan fitur yang ditawarkan.

Jika ingin lebih berkualitas lagi, harganya bisa membengkak hingga menyentuh angka 1 jutaan.

Usia Pakai Rantai

Setidaknya, rantai ini bisa digunakan hingga usia pakai lebih dari 20.000 Km dan dalam kondisi yang baik, rantai bisa digunakan hingga usia pakai 30.000 Km.

Namun untuk mendapatkan usia pakai yang lama, tentu harus dibarengi dengan penggunaan dan perawatan yang sesuai.

Misal jika sampai rantai jarang dilumasi hingga terjadi karat pada rantai, maka sudah jelas rantai akan berumur pendek.

Imbasnya adalah bahkan usia pakai rantai bisa lebih pendek lebih dari setengah usia pakai rantai yang normal.

Penyebab Rantai Berisik

Pada dasarnya, pasti ada suara berisik jika ada 2 besi yang saling berkenaan atau bergesekan. Oleh karenanya, di sini peran pelumas sangat penting.

Buka halaman berikutnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.