Ukuran Gear Standar Xabre

oleh

Sorotmedia.com Ukuran gear standar Xabre ternyata mirip dengan milik Yamaha R15 V2. Sayangnya, Xabre sendiri jarang tersorot hingga sedikit yang mengetahuinya.

Xabre adalah salah satu motor dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM.

Ini adalah salah satu motor yang sayangnya untuk tahun 2022 ini sudah tidak dipasarkan lagi karena telah “disuntik mati”.

Ukuran Gear Standar Xabre

Diperkenalkan pada tahun 2016, sayangnya Xabre kurang laku di pasaran. Salah satu alasannya mungkin karena terlalu mahal dan segmen motor sport naked di saat itu mulai meredup.

Xabre sendiri adalah versi Indonesia-nya MT 15. Namun secara mengejutkan, ternyata MT-15 juga diluncurkan di Indonesia dan pasarkan beriringan dengan Xabre selama beberapa tahun.

Meski pada akhirnya, Xabre ini harus stop produksi bersamaan dengan Yamaha Byson yang sama-sama sudah tidak dipasarkan lagi oleh Yamaha Indonesia.

Ukuran Gear Standar Xabre

Xabre sendiri menggunakan gear dengan ukuran 15T/47T, sebuah angka yang dapat dikatakan cukup besar. Adapun ketebalan dari gear Xabre adalah sebesar 428.

Maksud dari 15T/47T adalah gear depan berukuran 15 gigi dan yang belakang menggunakan gear berukuran 47 gigi.

T di belakang angka 15 dan 47 memiliki maksud tooth atau bila diterjemahkan, artinya adalah gigi (di Indonesia lebih dikenal sebagai gerigi).

Terkadang, ukuran gear ini juga disebut dengan “mata”, ini mengacu pada rantai yang punya “mata”.

Menghitung Rasio Final Gear Xabre

Gear depan dan belakang pada motor disebut juga sebagai final gear, yakni gear akhir yang ada di as mesin (gear depan) dan terpasang di roda untuk gear belakang.

Adapun untuk rasio final gear, ini adalah salah satu hal yang kerap dihitung atau dicari. Terlebih bagi owner motor yang hendak mengganti karakter motornya.

Untuk menghitung rasio final gear sendiri sangat mudah, kita tinggal membagi ukuran gear belakang dengan gear depan.

Dalam kasus Yamaha Xabre, maka kita tinggal membagi angka 47 dengan 15, yang mana itu akan menghasilkan angka 3.13.

Angka 3.13 itu menjadi rasio final gear standar dari motor Yamaha Xabre dan bisa diubah dengan cara mengganti ukuran gear depan atau pun yang belakang.

Cara Mengubah Rasio Final Gear Motor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara mengubah rasio final gear motor bisa dilakukan dengan cara mengubah ukuran gear motor itu sendiri.

Baik yang depan atau yang belakang, mengganti salah satu di antara kedua gear tersebut bisa mengubah rasio final gear.

Namun harus diketahui dulu acuan dalam mengubah ukuran gear dan berapa batas “wajar” dalam mengganti ukuran gear.

No More Posts Available.

No more pages to load.