Arti Visor Helm Adalah Apa?

oleh
oleh

Sorotmedia.com – Arti visor helm adalah apa sih? Banyak yang penasaran dengan maksudnya dan mari kita bahas bersama di artikel ini.

Ada beberapa hal yang mungkin tidak diketahui oleh sobat bikers sekalian.

Salah satunya adalah mengenai visor helm, di mana ini sebenarnya menjadi komponen yang mudah ditemukan.

Namun karena biasanya menggunakan bahasa atau kata yang lain, jadi tidak heran jika ada yang masih bingung dengan kata visor ini.

Arti Visor Helm Adalah Ini

Apa itu visor helm? Ini adalah komponen yang biasanya berwarna bening yang terpasang di bagian depan helm atau dalam kata lain, ini adalah kaca helm.

Yips, biasanya memang komponen ini lebih lumrah disebut sebagai kaca helm dan hanya beberapa orang saja yang akan menyebut ini sebagai visor.

Bila merujuk pada wikipedia.org, visor helm ini diterjemahkan sebagai berikut:

Visor adalah permukaan yang melindungi mata, seperti menaungi mereka dari matahari atau cahaya terang lainnya atau melindungi mereka dari objek. Saat ini banyak visor transparan, tetapi sebelum zat transparan yang kuat seperti polikarbonat ditemukan, visor buram seperti topeng

Jadi memang secara fungsi, kaca helm ini melindungi bagian wajah hingga mata dari beberapa hal seperti cahaya matahari secara langsung, debu, kerikil, hingga benturan.

Meski memang dari aspek benturan, kaca helm tidak sebaik bagian lain (misal tempurung helm) dalam melindungi kepala.

Jenis-jenis Visor Helm

Sekalian saja membahas mengenai jenis-jenis kaca helm, di mana ada beragam jenis kaca helm bila dilihat dari beberapa aspek.

Misalnya saja dari bentuk, ada yang namanya kaca flat yakni kaca yang datar jika dilihat dari samping serta ada yang terlihat cembung jika dilihat dari samping seperti gambar berikut:

Arti Visor Helm Adalah Apa?
Contoh kaca flat vs kaca cembung. Sumber: satupiston.com

Kaca cembung sendiri menjadi kaca yang lumrah dijumpai pada helm-helm, sedangkan kaca flat biasanya menjadi kaca aftermarket atau kaca yang disematkan pada helm dengan konsep ala-ala balap.

Kaca flat sendiri punya beberapa keunggulan seperti lebih mudah dipasangi anti fog hingga tear off.

Jika dilihat dari jumlahnya, kaca helm ini pun bisa dibagi dalam dua jenis yakni yang single visor dan juga yang double visor.


No More Posts Available.

No more pages to load.