Apakah Ukuran Batok Helm Sama di Semua Merek?

oleh
oleh

Sorotmedia.com – Apakah ukuran batok helm sama di semua merek? Ini menjadi suatu kebingungan tersendiri, terlebih bagi kita yang baru pertama kali membeli helm.

Helm adalah alat pelindung yang sangat penting bagi para pengendara sepeda motor.

Helm yang tepat tidak hanya memberikan kenyamanan dan perlindungan, tetapi juga memastikan keselamatan pengendara di jalan raya.

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli helm adalah ukuran batok helm.

Apakah Ukuran Batok Helm Sama di Semua Merek?

Apakah Ukuran Batok Helm Sama di Semua Merek?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah ukuran batok helm sama di semua merek? Jawabannya adalah tidak, ukuran batok helm dapat berbeda antara merek dan model helm.

Tetapi ada juga yang tiap batok di salah satu brand sama semua ukurannya.

Intinya, ada yang sama dan ada juga yang tidak. Jadi pastikan menanyakan langsung ke produsen agar kita tidak salah paham.

Ukuran Batok Helm dan Kenyamanan

Ukuran batok adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih helm yang tepat.

Helm yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengganggu kenyamanan dan bahkan mempengaruhi keselamatan pengendara.

Ukuran shell yang tepat akan memastikan helm pas dengan sempurna pada kepala dan tidak bergeser saat pengendara mengendarai sepeda motor.

Merek Helm dan Ukuran Batok

Setiap merek memiliki ukuran batok yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengendara untuk mengukur lingkar kepala mereka dengan benar dan memilih helm yang cocok dengan ukuran shell yang sesuai.

Beberapa merek helm, seperti Arai dan Shoei, menawarkan beberapa ukuran shell helm untuk memastikan pas di kepala pengendara.

Namun, tidak semua merek helm menawarkan pilihan ukuran shell yang berbeda.

Menemukan Ukuran Batok Helm yang Tepat

Untuk menemukan ukuran shell helm yang tepat, pengendara dapat menggunakan pita pengukur.

Caranya adalah mengukur lingkar kepala di bagian paling lebar atau di atas alis, kemudian mencocokkan hasil pengukuran dengan tabel ukuran shell helm dari masing-masing merek helm.

Jangan lupa untuk mencoba helm dahulu sebelum sepakat beli untuk memastikan kenyamanan dan pas dengan kepala.

Bahan Baku Yang Biasa Digunakan Pada Batok Helm

Salah satu komponen utama dari helm adalah batok helm, yang merupakan bagian luar dari helm yang berfungsi sebagai pelindung kepala.

Batok helm terbuat dari berbagai jenis bahan baku yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa bahan baku yang biasa digunakan pada batok helm:

1. Polikarbonat

Polikarbonat adalah bahan baku yang paling umum digunakan pada batok helm.

Bahan ini sangat kuat dan tahan terhadap benturan, sehingga memberikan perlindungan yang baik bagi kepala.

Selain itu, polikarbonat juga ringan dan mudah untuk dibentuk, sehingga cocok untuk digunakan pada helm yang ringan dan nyaman.

2. ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

ABS adalah bahan baku yang juga sering digunakan pada batok helm. Bahan ini memiliki sifat yang kuat dan tahan terhadap benturan, sehingga memberikan perlindungan yang baik bagi kepala.

Selain itu, ABS juga mudah untuk dibentuk dan dicetak dengan berbagai bentuk, sehingga cocok untuk digunakan pada helm yang memiliki desain yang unik dan menarik.

3. Fiberglass

Fiberglass adalah bahan baku yang juga umum digunakan pada batok helm. Bahan ini terbuat dari serat kaca yang dicampur dengan resin, sehingga memberikan kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap benturan.

Selain itu, fiberglass juga ringan dan mudah untuk dibentuk, sehingga cocok untuk digunakan pada helm yang nyaman dan memiliki desain yang menarik.

4. Kevlar

Kevlar adalah bahan baku yang sering digunakan pada helm yang digunakan oleh para pekerja industri atau militer.

Bahan ini terbuat dari serat sintetis yang sangat kuat dan tahan terhadap benturan, sehingga memberikan perlindungan yang sangat baik bagi kepala.

Selain itu, Kevlar juga tahan terhadap panas dan api, sehingga cocok untuk digunakan pada lingkungan yang memiliki risiko kebakaran atau panas.

5. Carbon Fiber

Carbon fiber adalah bahan baku yang sering digunakan pada helm yang memiliki harga yang mahal.

Bahan ini terbuat dari serat karbon yang sangat kuat dan ringan, sehingga memberikan perlindungan yang sangat baik bagi kepala.

Selain itu, carbon fiber juga memberikan tampilan yang sangat keren dan eksklusif pada helm.

Kesimpulan

Dalam rangka memastikan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, penting bagi pengendara untuk memilih helm dengan ukuran shell yang tepat.

Tidak semua merek helm memiliki ukuran shell yang sama, oleh karena itu penting bagi pengendara untuk mengukur lingkar kepala mereka dengan benar dan memilih helm yang sesuai dengan ukuran batok yang cocok.

Jangan ragu untuk mencoba helm terlebih dahulu sebelum membeli untuk memastikan pas dengan kepala dan memberikan perlindungan maksimal saat mengendarai sepeda motor.


No More Posts Available.

No more pages to load.