Apa itu KPH Motor? Simak Penjelasannya

oleh
oleh
Apa itu KPH Motor?

Apa itu KPH Motor? Secara umum, KPH pada motor adalah Kilometer per Hour atau dalam bahasa Indonesia adalah Kilometer per Jam, yakni satuan untuk mengukur kecepatan motor.

Namun, istilah KPH juga memiliki makna yang lebih spesifik dalam konteks dunia otomotif, terutama di kalangan penggemar dan pengguna motor Honda.

KPH merujuk pada kode mesin pada varian Supra X 125 karburator, Kirana, dan Karisma dengan diameter piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm.

KPH dalam Kecepatan

Ketika berbicara mengenai KPH, kebanyakan orang akan langsung mengaitkannya dengan satuan kecepatan.

Kecepatan dalam KPH menunjukkan seberapa cepat motor tersebut dapat berjalan dalam satu jam. Misalnya, jika sebuah motor dapat mencapai kecepatan 60 KPH, berarti motor tersebut bisa menempuh jarak 60 kilometer dalam waktu satu jam jika kondisi jalan dan lingkungan memungkinkan.

Kecepatan ini sangat penting bagi pengendara untuk mengetahui batas kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh motornya, sehingga bisa mengemudi dengan aman dan sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Dalam banyak negara, termasuk Indonesia, batas kecepatan di jalan raya diatur dengan ketat untuk mengurangi risiko kecelakaan.

KPH dalam Kode Mesin Motor Honda

Namun, dalam dunia otomotif, terutama di kalangan pengguna motor Honda, KPH memiliki arti lain. KPH merujuk pada kode mesin yang digunakan pada beberapa varian motor Honda seperti Supra X 125 karburator, Kirana, dan Karisma.

Kode ini digunakan untuk mengidentifikasi spesifikasi mesin tertentu. Mesin dengan kode KPH memiliki diameter piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm. Spesifikasi ini menunjukkan ukuran dan volume ruang bakar mesin, yang pada akhirnya mempengaruhi performa dan karakteristik dari motor tersebut.

Kode mesin ini penting karena membantu mekanik dan pengguna motor dalam mengenali jenis dan model mesin yang mereka miliki atau yang perlu mereka perbaiki. Ini juga berguna dalam proses penggantian suku cadang dan perawatan rutin, karena setiap mesin memiliki kebutuhan yang berbeda.

Untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam mengenai KPH dan penggunaannya dalam dunia otomotif, kami mewawancarai Rudi, seorang montir berpengalaman yang telah bekerja di bengkel motor selama lebih dari 15 tahun.

Rudi menjelaskan bahwa KPH sering disalahpahami sebagai hanya satuan kecepatan. “Padahal, dalam konteks motor Honda, KPH adalah kode mesin yang cukup spesifik.

Misalnya, kalau ada yang bilang Supra X 125 KPH, itu langsung jelas kalau yang dimaksud adalah Supra X 125 dengan mesin karburator dengan spesifikasi piston 52,4 mm dan langkah 57,9 mm. Ini penting buat kami para montir, karena beda kode mesin bisa beda cara perawatannya,” kata Rudi.


No More Posts Available.

No more pages to load.