Takaran Oli Shock Depan Byson Karbu dan Fi

Takaran oli shock depan Byson atau ukuran oli shock depan Byson karbu dan fi itu berapa ml? Sepertinya, ini akan menjadi pembahasan yang menarik!

 

Sorotmedia.com Volume oli shock Byson dapat dikatakan sangat banyak, ini mengacu pada ukuran shock depannya yang memang besar.

 

Byson memiliki ukuran suspensi depan (bagian as-nya) sebesar 41 mm. Ini jelas sangat besar bahkan jadi yang terbesar di kelasnya saat ia rilis di tahun 2010.

 

Kini , diameter shock depan Byson ini sudah diaplikasikan juga pada motor lain seperti R25 generasi awal hingga Yamaha WR 155.

 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan banyaknya volume oli shock depan Byson, jangan kaget saat tahu takarannya!

 

Ukuran Oli Shock Depan Byson

Takaran Oli Shock Depan Byson Karbu dan Fi

Takaran oli shock depan Byson karbu dan Byson Fi berbeda, Byson karbu butuh volume oli shock sebanyak 459 ml per satu shock depannya atau butuh sebanyak 918 ml untuk shock depan kiri dan kanan.

 

Sedangkan Byson Fi membutuhkan oli shock depan sebanyak 487 ml untuk satu shock depannya atau setidaknya butuh oli shock total sebanyak 974 ml atau hampir 1 liter.

 

Dengan takaran demikian, maka tidak heran jika banyak yang “shock” ketika mengetahui takaran oli shock depan dari Byson tersebut.

 

Namun perlu diperhatikan jika takaran oli shock depan tersebut bisa saja ditambah atau dikurangi tergantung dari beberapa faktor.

 

Misal jika menggunakan oli shock depan yang lebih encer, maka oli shock harus ditambah agar shock depan tidak terlalu encer.

 

Dan yang banyak terjadi adalah oli shock depan yang terlalu kental karena menggunakan oli mesin yang takarannya 1 liter.

 

Jika kondisinya demikian, maka oli shock depan harus dikurangi takarannya agar shock depan tidak terlalu keras.

 

Penyebab Oli Shock Depan Cepat Rusak

Menyambung pembahasan sebelumnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan oli shock depan jadi cepat rusak, yakni:

  • Takaran oli shock depan terlalu banyak sehingga shock depan jadi keras
  • Oli shock depan kurang atau habis karena usia pakai
  • Seal shock depan bocor sehingga debu dan air masuk tercampur dengan oli shock depan
  • Suspensi depan terkena panas berlebih, misal dari api mesin las
  • Membawa beban berlebihan
  • Menerobos jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi

 

1 Botol Oli Shock Berapa ml?

1 Botol oli shock berapa ml? Ini adalah pertanyaan yang jawabannya akan relatif, sebab produsen oli shock berbeda-beda takaran olinya.


Ada produsen oli shock depan yang takaran per oli shock depannya adalah sebanyak 25 ml, 50 ml, 100 ml, hingga lebih dari 300 ml.


Sebut saja untuk oli shock depan dari Jumbo Hydrofit, takaran oli shock per botolnya adalah sebanyak 100 ml.


Di mana per satu paket pembelian, kita dapat 2 botol oli shock depan yang artinya kita akan dapat 200 ml oli shock secara total.

 

Dengan takaran tersebut, maka untuk Yamaha Byson setidaknya butuh oli Jumbo Hydrofit sebanyak 10 botol atau 5 set pembelian.

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

 TIM   Sorotmedia.com  ✔ 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel