Berapa Ukuran Gear CBR150R Facelift dan Lokal?

Berapa sih ukuran gear CBR150R facelift dan lokal? Temukan jawabannya di artikel sorotmedia.com ini karena di sini akan dibahas secara mendalam!

 

Sorotmedia.com – Hei, apa kabar? Yes, di sini mimin mau cerita nih soal Honda CBR150R facelift dan lokal.

 

Ngomong-ngomong, apakah kamu sudah tahu apa bedanya CBR150R facelift dan lokal? Jika belum tahu, mimin bahas sedikit.

 

Sebenarnya CBR150R facelift dan lokal punya kesamaan, di mana keduanya dirakit di Indonesia atau bisa disebutkan keduanya sama-sama lokal.

 

Namun dari segi desain hingga tahun perilisan, keduanya jelas sangat berbeda sekali.

 

Honda CBR150R lokal yang berkode K45 punya desain yang lebih kalem. Sedangkan CBR150R facelift punya desain yang lebih agresif dan punya kode K45G untuk yang lansiran tahun 2016.

 

Serta ada yang berkode K45N yang dirilis pada tahun 2018 hingga sebelum diganti dengan CBR150R K45R yang dirilis di tahun lalu dengan shock depan berjenis up side down.

 

FYI, facelift sendiri merupakan ubahan pada motor yang terbilang tidak begitu besar. Sebab yang diubah hanya pada aspek desain saja. Sedangkan mesin masih mengusung spek yang sama.

 

Ukuran Gear CBR150R Facelift dan Lokal

Berapa Ukuran Gear CBR150R Facelift dan Lokal?

Ukuran gear CBR150R facelift dan lokal standar adalah sebesar 15T/45T atau kadang juga ditulis sebagai 15/45. Di mana angka 15 adalah untuk gear depan dan 45 untuk gear belakang.

 

Sekedar informasi nih, jumlah mata gear ini kadang disebut sebagai jumlah gigi gear. Gigi sendiri dalam bahasa Inggris disebut sebagai tooth dan disingkat sebagai T.

 

Oleh karenanya, jangan heran jika pada ukuran gear akan ada huruf T di belakangnya. Ini menandakan ukuran gigi gear atau di kita disebut sebagai mata gear.

 

Adapun untuk ketebalan gear dari CBR 150R Facelift dan lokal adalah sebesar 428.

 

Cara Menghitung Rasio Final Gear CBR150R Facelift

Tahu enggak? Ukuran gear itu enggak bisa dipasang secara sembarangan. Setidaknya kita harus menentukan ukuran final gear ratio atau rasio final gear yang sesuai.

 

Untuk gear standar dari CBR150R, kita bisa gunakan rumus sederhana yakni membagi ukuran gear belakang dengan gear depan.

 

Jadi yang awalnya ditulis 15/45 kita balik jadi 45/14, di mana hasil pembagian antara 45 dan 15 akan menghasilkan angka 3.

 

Angka 3 tersebutlah yang menjadi rasio final gear dari CBR150R facelift dan lokal.

 

Untuk apa kita mengetahui angka rasio final gear ini? Ya untuk dijadikan acuan ketika hendak mengubah ukuran gear.

 

Acuan Mengubah Ukuran Gear

Pasti kamu kadang merasa tidak puas dengan karakter laju motor bukan? Ya, terkadang ada motor yang kerap digunakan untuk jalanan yang menanjak atau yang lurus panjang minim halangan.

 

Untuk penyesuaian, banyak yang mengubah ukuran final gear ratio dengan cara mengubah ukuran gear depan atau yang belakang agar karakter laju motor lebih pas dengan kondisi jalanan yang dilalui.

 

Adapun acuan mengubah ukuran gear motor itu adalah sebagai berikut:

  1. Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).
  2. Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).

 

Misal nih ya, kita gunakan gear depan sebsar 16 mata atau menurunkan ukuran gear belakang jadi 44 mata agar motor jadi lebih panjang nafasnya.

 

Atau jika ingin lebih kuat ditanjakan, kita bisa gunakan gear depan berukuran 14 mata atau dengan menaikan ukuran gear belakang jadi ukuran 47.

 

Berikut list ukuran gear motor beserta rasio final gear-nya:

  • 45/16= 2.81
  • 44/15= 2.93
  • 45/14= 3.21
  • 47/15= 3.13

 

Sekedar saran sih, sebaiknya ganti gear secara satu set dengan rantainya agar nantinya gear dan rantai bisa lebih awet.

 

Selain itu, naikan atau turunkan rasio final gear secara kecil saja dan jangan langsung besar (misal dari angka 3 jadi angka 4, sebab bisa membuat tarikan motor jadi tidak enak).

 

Video



Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

 TIM   Sorotmedia.com  ✔ 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel