Singkatan Herex atau Kepanjangan Herex itu Apa?

Singkatan herex atau kepanjangan herex itu apa sih? Apakah kalian pernah mendengar kata herex? Jika iya dan penasaran, mari kita bahas secara lengkap dalam artikel ini.

 

Sorotmedia.com – Pernah mendengar motor herex atau modifikasi herex? Kira-kira itu artinya apa sih? Jika penasaran dan belum tahu, mari kita bahas bersama saja.

 

Herex menjadi salah satu aliran modifikasi yang sangat terkenal. Meski ada perbedaan pendapat mengenai apa itu herex, namun kita sepakat jika pada akhirnya herex ini menjadi salah satu aliran modifikasi, bukan?

 

Kebanyakan, motor herex adalah berasal dari merek Honda dan itu pun tidak ke semua motor Honda. Lalu, bagaimana?

 

Kepanjangan Herex Adalah?

Singkatan Herex atau Kepanjangan Herex itu Apa?

Kepanjangan Herex adalah Honda Exciting Rider Extreme atau bila kita terjemahkan adalah pengendara Honda ekstrim yang seru atau menyenangkan.

 

Herex ini pada dasarnya berasal dari suatu nama komunitas motor. Namun lambat laun menjadi “aliran modifikasi motor di Indonesia”.

 

Ciri motor Herex adalah merupakan motor batangan dari Honda seperti CB100, GL series, hingga Megapro yang dimodif untuk tujuan kecepatan.

 

Modifikasi yang ditonjolkan misalnya adalah mengenakan velg dan ban yang lebih tipis, menggunakan stang jepit, hingga meninggikan shock depan.

 

Singkatan Herex, Berarti Balapan?

Menariknya adalah herex ini dimaknai cukup luas, di mana selain jadi nama komunitas hingga jenis aliran modifikasi motor, Herex juga dikenal sebagai salah satu ajang dalam memacu motor.

 

Biasanya, balap herex ini cenderung adu pacu di jalanan lurus baik di mode 500 meter hingga lebih dari 1 Km.

 

Balapannya jelas lebih mirip dengan adu drag. Namun berbeda dengan drag yang biasa kita temui di Indonesia, pada Herex biasanya bodi motor masih cukup banyak menempel dan desain motor masih terlihat jelas.

 

Ini sedikit berbeda dengan motor drag yang biasa kita jumpai, di mana yang menonjol adalah rangkanya serta mesin yang sudah dimodifikasi hingga benar-benar untuk spek balap lurus.

 

Sejarah Herex

Dilansir dari Satukota.com, Herex diduga kuat berasal dari daerah Jawa Timur lebih tepatnya Madiun.

 

Awalnya, Herex menjadi nama suatu komunitas motor yang sudah kita sebutkan di atas yakni Honda Exciting Rider Extreme.

 

Lambat laun, Herex ini malah jadi penamaan juga untuk jenis modifikasi motor yang digunakan hingga ajang adu pacu di lintasan lurus dengan spek 500 meter hingga lebih dari 1 kilo meter.

 

Hingga kini, Herex masih banyak digunakan sebagai penyebutan jenis aliran modifikasi motor, terutama untuk motor-motor Honda batangan seperti CB100, GL series , Tiger, hingga Megapro.

 

Motor Selain Honda Bukan Herex?

Bila dilihat dari sejarahnya, Herex ini hanya berlaku untuk motor-motor Honda karena komunitas Herex ini juga menggunakan motor-motor Honda seperti CB hingga Mega Pro lawas.

 

Namun karena pandangan bahwa Herex adalah aliran modifikasi motor, maka tidak heran jika pada akhirnya, Herex juga didefinisikan untuk motor lain seperti untuk Yamaha RX King hingga Suzuki Thunder 125.

 

Di sini, akan ada perdebatan karena ada kubu yang tetap hanya mengakui Herex itu untuk Honda dan ada juga kubu yang menganggap Herex lebih ke aliran modifikasi sehingga bisa juga disematkan pada motor di luar Honda.

 

Ada juga yang menamai motor dari Yamaha dengan YEREX, sedangkan motor Suzuki disebut sebagai SEREX.

 

Modifikasi Herex Dilarang?

Kebanyakan motor Herex ini dimodifikasi untuk balapan, dan banyak menyematkan piranti hingga mencopot part yang diwajibkan oleh undang-undang.

 

Dalam kata lain, motor dengan modif Herex ini kebanyakan dilarang karena tidak sesuai dengan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Bahkan, balapan Herex sendiri kerap dilarang karena sering balapan di jalan raya dengan memblokade jalan tersebut.

 

Jadi, lebih bijak lagi. Jika memang suka dengan konsep motor Herex, maka kita bisa memodif motor kita dengan nuansa Herex namun tetap memperhatikan beberapa hal yang diwajibkan dan dilarang dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Misal tidak memasang knalpot bising, menggunakan ban cacing, dan lain sebagainya.

 

Video

 


Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

 TIM   Sorotmedia.com  ✔ 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel