PnP Knalpot Artinya Adalah Apa?

PnP knalpot artinya adalah apa sih? Dalam dunia otomotif, tentu ada yang namanya istilah-istilah yang mungkin tidak semua orang memahaminya.

 

Sorotmedia.com – PnP awalnya merupakan frasa yang digunakan di dunia IT hingga gadget. Ini biasa digunakan pada hardware dan software.

 

Kini, PnP ini juga menjalar ke frasa lain seperti ukhti PnP hingga PnP pada knalpot.

 

Tentu saja, bagi sebagian orang, ini adalah salah satu singkatan yang membingungkan, terlebih bahasa asal dari kata ini berasal dari bahasa Inggris.

 

Dalam marketplace online seperti Bukalapak hingga Tokopedia, kerap kita temui penjual yang menjual dengan judul atau deskripsi “PnP knalpot”.

 

Pengertian PnP Knalpot

PnP Knalpot Artinya Adalah Apa?

PnP knalpot artinya adalah plug and play knalpot, atau komponen pada knalpot yang bisa dipasangkan l
angsung pada kendaraan tertentu. Misalnya saja, ada header knalpot yang PnP mobil Honda Jazz.

 

Plug and Play sendiri memiliki arti yakni pasang dan mainkan atau pasang dan langsung pakai.

 

Secara umum, maksudnya adalah barang tersebut tinggal pakai saja tanpa ada ubahan berarti, misal tanpa harus dilas atau pun dipotong.

 

Pada knalpot sendiri, kerap ada persamaan-persamaan tertentu pada suatu kendaraan bermotor.

 

Misalnya saja pada motor, knalpot dari Honda CB150R generasi kedua yang bisa dipasangkan pada Sonic 150 (meski tidak benar-benar PNP).

 

Yang perlu diperhatikan di sini adalah tidak semua barang yang dilabeli dengan kata “PnP” itu benar-benar PnP.

 

Pasalnya seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, knalpot dari CB150R generasi kedua memang bisa dipasangkan pada Honda Sonic 150R.

 

Tetapi harus ada ubahan seperti buat dudukan baru hingga ada bagian yang harus sedikit ditekuk agar bisa pas terpasang.

 

Jadi dalam dunia perkenalpotan dan otomotif secara umum, “tafsir” mengenai PnP ini bisa saja tidak murni benar-benar bisa “tinggal pasang saja dan langsung jalankan!”.

 

Kata Lain Dari PnP

PnP sendiri punya kosa-kata lain yang mungkin lebih umum terdengar di telinga kita.

 

Misalnya saja, PnP ini biasa juga dikenal sebagai part substitusi, part pengganti, hingga part persamaan.

 

Pada akhirnya, yang namanya PnP ini memiliki maksud tinggal pasang, namun fakta di lapangan sering tidak demikian terlebih untuk part yang sejatinya hanya persamaan (seperti contoh knalpot motor Honda CB150R generasi kedua tadi).

 

Bagian-bagian Pada Knalpot

Ada beberapa bagian-bagian pada knalpot kendaraan bermotor, seperti:

  • Header: ini merujuk pada leher knalpot atau pipa knalpot yang terhubung langsung dengan mesin kendaraan bermotor
  • Slip on: ini adalah bagian yang bisa dibongkar pasang, biasanya menghubungkan bagian header dan silincer knalpot (sangat populer di knalpot racing aftermarket)
  • Silincer/ Selencer: Ini adalah bagian tabung knalpot, pada motor, bentuknya sangat dominan dan berfungsi menjadi peredam suara knalpot (ada silincer free flow atau biasa disebut knalpot racing, fungsi peredaman suaranya sudah sangat dihilangkan, sehingga suaranya berisik)
  • Katalis: Ini biasanya berbentuk seperti tabung, fungsinya adalah meredam suara dan juga “menjernihkan” gas buang agar tidak sangat “beracun” ketika keluar dari silincer knalpot (biasanya ada di mobil dan di motor seperti Yamaha R25 atau pun Yamaha Byson)
  • DB Killer: ini adalah part tambahan yang biasanya diberikan saat membeli knalpot racing dengan status “street legal”. Fungsinya adalah untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh knalpot racing

Video



Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

 TIM   Sorotmedia.com  ✔ 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel