Arti Hedon Motor Adalah Apa? Jenis Modifikasi atau Harga Motor?

Arti hedon motor adalah apa? Termasuk jenis modifikasi motor atau hanya sekedar harga suatu motor? Ini akan menjadi perbicangan yang menarik dan akan diulas dalam artikel ini.

 

Sorotmedia.com – Pernah medengar modifikasi motor hedon? Atau motor dengan sebutan hedon? Kira-kira maksudnya adalah apa?

 

Tidak dapat dipungkiri, era sekarang semakin banyak aliran modifikasi motor yang berkembang. Bahkan jenis motor dari standar pabriknya saja semakin berkembang.

 

Atas dasar tersebut, maka tidak heran jika kita yang masih awam akan dibuat bingung dengan frasa atau penyebutan baru pada jenis suatu motor.

 

Seperti apa yang hendak kita bahas ini, di mana di media sosial bahkan di kehidupan sehari-hari, banyak pelabelan untuk motor hedon.

 

Tapi apa sih maksud sebenarnya dari hedon?

 

Pengertian Hedon Adalah Apa?

Arti Hedon Motor Adalah Apa? Jenis Modifikasi atau Harga Motor?

Pada dasarnya, hedon merupakan suatu gaya hidup atau pandangan hidup untuk mencari kesenangan sebanyak-banyaknya.

 

Hedon berasal dari kata Yunani yakni hedonismos atau diera sekarang disebut sebagai hedonisme.

 

Hedonisme sendiri adalah pandangan hidup yang mengutamakan mencari kebahagian atau kesenangan sebanyak-banyaknya.

 

Pasalnya, hedonisme ini beranggapan bahwa hidup adalah hanya untuk mencari kesenangan dan sebisa mungkin menjauhi kesedihan.

 

Salah satu wujud dari gaya hidup hedonisme adalah dengan membelanjakan uang untuk barang hingga makanan yang kita inginkan.

 

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kita membeli barang yang kita inginkan, tetapi akan jadi masalah jika kita terus-terusan beli barang yang kita inginkan tanpa memikirkan tentang menabung, investasi, hingga biaya hidup lain.

 

Arti Hedon Motor Adalah Apa?

Arti hedon motor bukan motor yang mencari kesenangan dengan cara belanja sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan biaya perawatan.

 

Makna hedon dalam motor ini cenderung menjurus ke kemewahan hingga kemahalan. Entah apa pun aliran modifikasinya, asal part atau gaya modifikasinya mewah dan mahal, pasti bakal disebut hedon.

 

Jadi entah itu motor herex, motor touring, atau motor yang baru keluar dealer dan masih standar pabrik selama itu mewah dan part-nya cenderung “ekslusif” dan mahal, pasti akan terkategori hedon.

 

Tentu saja, pada akhirnya hedon ini bukan suatu aliran modifikasi yang khusus seperti aliran babylook hingga thailook.

 

Hedon lebih ke arah kemewahan hingga kemahalan suatu part hingga unit motor itu sendiri.

 

Contoh Modor Hedon

Sebenarnya, jika bicara mengenai kemewahan dan kemahalan, tentu akan relatif pada setiap orang. Sebab ada yang menganggap 10 juta itu kecil karena gaji per bulannya 50 juta.

 

Ada juga yang menganggap 10 juta itu besar karena gaji per bulannya 3 juta rupiah saja.

 

Tetapi pada intinya, contoh motor hedon dari bawaan pabrik adalah seperti Kawasaki ZX-25R hingga Yamaha R1 yang memang mengusung harga yang fantastis hingga beberapa onderdil ekslusif yang diklaim digunakan untuk ajang balap.

 

Contoh Modifikasi Motor Hedon

Sebelumnya kita membahas mengenai contoh motor hedon dari bawaan pabrik, sekarang kita bahas motor hedon “hasil modifikasi”.

 

Misal ada orang memiliki motor Satria Fu, kemudian orang tersebut menggunakan velg hingga knalpot dari merek ternama yang harga per unitnya berharga di atas 10 juta.

 

Modifikasi mengganti velg dan knalpot itu yang bisa mencapai 20 juta bisa termasuk sebagai motor yang dimodif dengan gaya hedon.

 

Meski nantinya knalpot atau velg tersebut bisa terlihat biasa saja, namun karena ada harga yang di atas rata-rata, maka mau tidak mau, itu tetap terkategori modif motor hedon.

 

Sebagai tips, sebaiknya jangan memaksakan memodifikasi motor dengan jor-joran menghabiskan uang tabungan hingga gaji per bulan.

 

Amannya, maksimal kita memodifikasi motor dengan angka sekitar 10%-20$ dari gaji yang kita dapat setiap bulan.

 

Jangan sampai kita memodif motor namun tidak bisa makan apalagi sampai banyak utang di sana – sini.


Video



Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

 TIM   Sorotmedia.com  ✔ 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel