Tuesday, 28 July 2020

Langkah Mudah Mempersiapkan Dana Darurat Sebelum Kondisi Semakin Gawat

Ada banyak sekali pos-pos anggaran yang harus dimiliki dalam mengatur keuangan bagi keluarga Anda agar tetap aman. Diantaranya yang tidak kalah penting adalah pos dana darurat. 


Langkah Mudah Mempersiapkan Dana Darurat Sebelum Kondisi Semakin Gawat


Seperti yang Anda ketahui bahwa ada sesuatu di dalam hidup yang mungkin tidak Anda prediksikan kapan terjadi atau datangnya, sehingga membutuhkan pengeluaran. 


Misalnya adalah ketika terserang penyakit, namun Anda tidak memiliki perlindungan yang berasal dari asuransi maupun BPJS kesehatan, tentunya harus merogoh uang dari tabungan bukan. 


Tak masalah jika biaya pengobatan murah, namun bagaimana jika seandainya biaya berobat sangatlah mahal.

 

Contoh paling nyatanya adalah di saat kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang ini, dampaknya terhadap kondisi ekonomi memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 


Banyak sekali usaha yang mengalami kebangkrutan, ditambah dengan pekerja yang terpaksa harus dirumahkan bahkan juga terkena PHK. 


Padahal mungkin jumlah kebutuhan Anda juga jadi semakin banyak di tengah kondisi semacam ini.

 

Maka berikut ini diantaranya upaya untuk mempersiapkan dana darurat sebelum kondisi keuangan semakin gawat, yaitu:

 

1. Tentukan terlebih dahulu berapa jumlah yang ingin dikumpulkan, paling mudah adalah dengan menetapkan target. Karena tanpa adanya target sudah pasti akan sangat sulit bagi Anda untuk bisa menabung guna kebutuhan darurat ini. Jika nantinya terpakai tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan uang lain guna kebutuhan darurat, namun jika tidak maka dapat ditabung atau digunakan investasi.


2. Jangka waktu dan juga cara untuk mengumpulkannya, tak harus dari sisa gaji, melainkan untuk cara mengumpulkan uang darurat ini sangatlah banyak, diantaranya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama Anda, menjual barang-barang bekas atau yang tidak terpakai namun masih layak dan lain sebagainya. Jangka waktunya juga harus sesuai dengan target


3. Memantau terus jumlahnya, selalu lihat berapa nilai dari uang untuk kebutuhan darurat tersebut, guna memastikan tepat pada waktunya juga akan terkumpul sesuai dengan jumlah yang diharapkan tersebut. Begitu juga jika seandainya terpaksa ditarik untuk kebutuhan darurat


4. Pastikan pemakaiannya sesuai dengan sasaran atau target, yaitu hanya dipakai untuk kebutuhan darurat. Jangan beri toleransi kepada dir sendiri jika seandainya uang tersebut akan Anda gunakan atau pinjam terlebih dahulu untuk keperluan lain yang sifatnya tidak darurat, karena kemungkinan besar tidak akan dikembalikan. Sehingga pemakaian juga harus tepat sasaran.

 

Itulah setidaknya beberapa kiat di dalam mempersiapkan dana darurat sebelum kondisi benar-benar mendesak. 


Pos yang satu ini nyatanya sering kali dilupakan ketika seseorang hanya fokus pada menyimpan uang untuk tabungan saja. Padahal sebenarnya sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap aman dari kebutuhan yang tidak terduga sifatnya.

No comments:

Post a comment