Sunday, 3 May 2020

Alasan dan Tujuan Pengembangan CFLD Indonesia di Karawang


Indonesia mempunyai banyak daerah potensial yang bisa dikembangkan menjadi kota yang besar. Dimana untuk menjadikan kota besar tentu saja dimulai dengan daerah yang dekat dengan pusat kota lainnya seperti kota Karawang yang menjadi salah satu daerah satelit yang mendukung pusat ibukota. Karawang sendiri merupakan daerah yang ada di lokasi yang strategis yaitu di jantung kota Jakarta-Bandung yang merupakan dua kota besar yang ada di Indonesia. Sehingga karena alasan tersebut membuat Karawang menjadi daerah yang mensupport kawasan industri yang berkembang di daerah sekitarnya. Hal itulah yang menjadikan CFLD Indonesia menjadikan Karawang sebagai kota yang potensial untuk dijadikan sebagai kota industri baru.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Karawang mempunyai daerah yang sangat strategis. Hal tersebut karena kota ini dengan berbagai fasilitas dan juga sangat mudah untuk mencapai dari berbagai rute ke daerah ini. Seperti misalnya berbagai cara untuk dapat menjangkau daerah Karawang sendiri bisa dilakukan dengan:

  • Dari Bandara Soekarno Hatta hanya berjarak sekitar 70 km.
  • Dari Pelabuhan Tanjung Priok hanya berjarak 50 km.
  • Dari Bandara Halim Perdanakusuma hanya berjarak 47 km.
  • Dari Pelabuhan di Cikarang hanya berjarak 15 km.
  • Dari Stasiun Karawang HSR hanya berjarak 2 km.
  • Dari Bandara Kertajati hanya berjarak 100 km.
  • Dari Pelabuhan Patimban hanya berjarak 80 km.

Selain dari alasan lokasi yang strategis, CFLD Indonesia tertarik untuk mengembangkan kota Karawang adalah karena daerah ini yang merupakan pusat manufaktur yang ada di Indonesia. Hal tersebut mencakup berbagai industri yang ada di daerah ini seperti pendidikan, komersial, perumahan, fasilitas kesehatan, dan juga berbagai industri lainnya yang dapat dikembangkan lagi. Sehingga karena alasan tersebut maka Karawang bisa dimaksimalkan sebagai kota industri yang besar dan berpengaruh. Karawang bisa menjadi kota dunia yang bisa membangun berbagai inovasi dan juga pusat pertumbuhan dengan memaksimalkan berbagai macam potensial yang ada di kota ini seperti misalnya:

  1. Di kota Karawang mempunyai tenaga kerja yang potensial untuk dapat bekerja di berbagai lapangan kerja yang disediakan. Setidaknya ada 1 juta pekerja potensial yang ada di wilayah Karawang.
  2. Di kota ini terdapat setidaknya 10 ribu perusahaan sehingga bisa membuat kawasan ini sebagai pusat manufaktur.
  3. Di kota ini mempunyai 127 top global and FORES Companies.
  4. Di kota ini mempunyai 8/10 konsumen elektronik.
  5. Di kota ini terdapat 6/10 perusahaan automotive terbaik yang ada di dunia.
  6. Di kota ini terdapat 5/10 perusahaan FMCG yang ada di dunia.

Sehingga dengan berbagai potensial yang bisa dikembangkan di kota Karawang, maka bisa membuat kota ini sebagai kota industri di dunia. Adapun tugas dari CFLD atau China Fortune Land Development adalah dengan membangun kerjasama dengan pemerintah maka bisa melakukan pembangunan dan maintenance untuk berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk tujuan tersebut.

Dengan berbagai pembangunan yang dilakukan oleh CFLD Indonesia dan juga nantinya akan dilakukan pengoperasian dan perawatan dari pihak CFLD, maka kawasan Karawang bisa menjadi one stop industrial support service and facilities. Tujuan tersebut akan menjadikan kota ini mempunyai berbagai hal menarik yang ditawarkan seperti:


  1. Pertama adalah menawarkan kawasan industri yang menjadi pusat dari bangunan industrial.
  2. One stop human capital services.
  3. Logistic service.
  4. Business advisory center.
  5. Residential and commercial oasis.
  6. Reliable 100 percent uptime utilities.

No comments:

Post a comment