Thursday, 12 December 2019

Zakat Online Menjadi Tren Baru Di Era Digital

Saat ini Indonesia dan dunia telah memasuki perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat yaitu era digital. Dunia digital berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu gaya hidup atau tren masyrakat dunia saat ini. Era digital hadir dengan segala kemudahannya, contohnya kita bisa melakukan belanja dan pembayaran melalui  aplikasi online yang tentunya lebih efisien waktu dan tenaga.

Zakat Online Menjadi Tren Baru Di Era Digital

Saat ini ada banyak platform dan aplikasi yang bisa menunjang kebutuhan keseharian menjadi lebih mudah, dan tentunya sangat cocok untuk masyarakat urban yang super sibuk dengan waktu yang harus bisa diprioritaskan untuk hal-hal mendesak. Salah satu alasan lainnya platform digital menjadi trend adalah budaya masyarakat di era sekarang yang sangat erat dengan internet dan bisa diibaratkan menjadi kebutuhan primer yang menjadi suatu keharusan untuk dipenuhi .

Bahkan saat ini untuk melakukan berbagai transaksi lebih banyak dilakukan secara online, termasuk juga dengan zakat. Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan untuk membayarkan zakat secara online, dan hal tersebut menjadi tren di masyarakat bukan hanya untuk golongan tua saja namun sekarang banyak anak-anak muda yang membayar zakat dengan aplikasi onine. Dengan transaksi online yang sangat simple dan mudah, dengan  membayar zakat secara online kita bisa mendapatkan  berbagai kemudahan .Berikut ulasannya,

Membayar Zakat Bisa Di manapun Dan Kapanpun

Salah satu keuntungan membayar zakat dengan sitem online adalah bisa dibayarkan di manapun dan kapan pun Anda ingin. Saat ini sudah ada banyak aplikasi dengan layanan zakat yang bisa mempermudah untuk melakukan zakat, beberapa diantaranya adalah bukalapak, Go-jek, KitaBisa dan banyak platform dan aplikasi lain yang bisa Anda pilih. Membayar zakat secara online ini juga sangat cocok untuk masyakat urban yang serba sibuk karena dengan adanya kemudahan yang bisa di dapatkan melalui apliksai online bisa membuat pembayaran lebih mudah dan sangat efisien.

Penyaluran Zakat Tepat Sasaran

Membayar zakat online dan melakukan pembayaran infaq online melaui aplikasi tidak perlu khawatir zakat yang dibayarkan tidak tepat sasaran. Karena di dalam aplikasi  online tersebut kita bisa memilih dan melihat profil lembaga zakat resmi beserta informasi seputar program dan update donatur yang telah berzakat dan juga detail pilihan zakat dan pembayaran juga tertera dengan jelas sehingga tidak membingungkan serta membuat transaksi terasa lebih mudah.

Selain itu, membayar zakat secara online juga telah diwasi oleh pihak berwenang dan semua kegiatannya telah tercatat semua datanya di kominfo jadi tidak perlu khawatir jika ada penyelewengan dari pihak-pihak yang tidak tidak bertanggung jawab.

Platform Terpercaya untuk Membayar Zakat Mudah Di dapat

Dengan semakin  maraknya tren bayar zakat online banyak platform digital yang beramai-ramai untuk menyediakan layanan bayar zakat bagi penggunanya. Hal itu tentunya lebih memudahkan untuk masyrarakat yang ingin berzakat, namun agar lebih tenang platform yang dipilih harus yang terpercaya dan resmi. Cara untuk meperoleh aplikasi sanagt mudah yaitu cukup dengan kuota internet, Anda bisa mendownload aplikasi zakat online yang ada di playstore atau Appstore melalui ponsel pintar lalu install dan aplikasi siap untuk digunakan.

Saat ini badan amil zakat yang resmi dan terpercaya yang paling populer untuk dicari diantaranya adalah BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), Dompet Dhuafa, ACT(Aksi Cepat Tanggap), serta badan amil zakat milik organisasi Islam terbesar di Indonesia seperti Lazisnu dan lazismu.

Efisien Tenaga Dan Waktu

Alasan lainnya kenapa zakat online saat ini menjadi tren adalah, lebih hemat dari segi tenaga dan waktu. Kemudahan yang ditawarkan dengan zakat online memang sangat menggiurkan yaitu user atau pengguna bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.

Proses pembayaran yang tidak memakan waktu , bisa dilakukan bersama dengan kegiatan lainnya seperti bekerja. Atau Anda juga bisa membayar zakat sambil duduk manis dirumah karena semua pelayanan terpadu melalui sistem online yang hanya butuh sambungan internet saja. Membayar zakat dengan sistem online juga lebih hemat tenaga dibandingkan harus dating langsung ke kantor lembaga amil zakat.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang tren bayar zakat online dan beberapa kemudahannya. Dengan segala kemudahan yang ada semoga semangat untuk berzakat lebih meningkat dan iman taqwa di dalam hati semakin kuat  perantara zakat yang sudah dibayarkan. Zakat merupakan saalah satu perintah Allah yang wajib untuk dilakukan karena sesungguhnya di dalam harta kita ada sebagian hak saudara muslim lainnya.

Jangan lupa berzakat agar hidup semakin berkah!

No comments:

Post a comment