Tuesday, 17 December 2019

Rangkaian Tes Reproduksi untuk Wanita

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan seseorang, khususnya untuk wanita. Hal yang paling terpenting adalah bagian dari sistem reproduksi itu sendiri harus bekerja dengan optimal. Ketika salah satu masalah datang dari organ tertentu tentu saja kehamilan tak kunjung datang. Dengan melakukan tahap diagnosis infertilitas perempuan tentu bisa mengetahui hasil akhir yang di dapat.

Rangkaian Tes Reproduksi untuk Wanita

Seorang dokter akan melakukan tes kesuburan untuk menemui solusi dari identifikasi masalah. Selain itu, dokter juga akan melakukan tes fungsi ovulasi dan juga pemeriksaan pada hormon orang terkait untuk menemui penyebabnya. Perlu dilihat riwayat pribadi dari pasien terkait untuk menemukan kesimpulan yang tepat. Berikut ini rangkaian tes reproduksi yang dilakukan oleh para wanita :

Untuk wanita, ini rangkaian Tes kesuburan :

1. Histerosalfingografi

Tes kesuburan yang pertama ini akan mengambil gambar melalui foto rontgen untuk melihat bagian Rahim, tuba fallopi dan yang lainnya. Dengan cara ini juga bisa mengetahui penyumbatan pada bagian Rahim.

2. Histereskopi

Prosedur Histereskopi menggunakan alat berbentuk selang tipis dengan bagian kamera di ujung yang bentuknya yang fleksibel. Cara kerja dari alat ini adalah mengambil contoh jaringan yang sedang dibutuhkan. Ini  sudah dianggap tepat karena bisa mengetahui pendarahan yang tidak biasa pada Rahim.

3. USG transvagina

Selanjutnya ada USG Transvagina untuk mengecek kesuburan seorang wanita. Prosedur ini memiliki cara kerja mengambil gambar organ reproduksi tertentu dengan cara yang hampir mirip dengan USG melalui saluran vagina. Cara ini juga mampu mengetahui penyakit pada organ intim, seperti kanker dan kista.

4. Laparoskopi

Jika menurut Anda ketiga cara di atas masih kurang efektif, Anda bisa menggunakan cara Laparroskopi. Dimana akan dimasukkan sebuah kamera kecil ke dalam perut melalui sayatan yang telah dibuat. Kegunaan dari tes ini adalah untuk mengetahui penyebab kemandulan pada bagian panggul. Kista ovarium dan endometriosis menjadi penyebab beberapa wanita tidak subur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu Anda harus menunggu beberapa waktu. Untuk itu para dokter spesialis infertilitas di Indonesia menyarankan untuk melakukan perencanaan kehamilan dari jauh – jauh hari agar tepat sasaran. Apabila tanda – tanda kemandulan sudah muncul, Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa disembuhkan dengan beberapa cara tertentu.

No comments:

Post a Comment