Monday, 2 December 2019

Ketahui Tahapan Perkembangan Sikap Anak Sejak Kecil

Aspek kognitif berhubungan erat dengan akal dan pikiran sebagai tahap perkembangan otak dan motorik untuk anak usia dini. Pertumbuhan di area ini sangat luas, tidak hanya di sekolah tetapi juga dari permainan-permainan yang mengajak si Kecil berpikir.

Ketahui Tahapan Perkembangan Sikap Anak Sejak Kecil

Pada aspek ini, ia akan belajar, Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan praktis, fleksibel, dan diterima secara sosial. Ia juga bisa menerapkan pengetahuan dan pengalaman dalam suatu kondisi yang baru ditemui, Si Kecil bisa berpikir logis, seperti mengenal perbedaan, pola, klasifikasi, sebab akibat, perencanaan, dan inisiatif.

Si Kecil juga bisa mengenal, menyebutkan, serta menggunakan lambang-lambang seperti angka dan abjad. Si Kecil juga bisa menggambarkan ulang sesuatu yang pernah dilihatnya.

Sosial Emosional, Pada aspek tahap perkembangan yang satu ini, sangat terkait erat dengan pengenalan diri dan orang-orang di sekitar. Si Kecil mulai memperlihatkan kemampuan diri yang dimilikinya. Ia juga mengenal perasaan sendiri, mengendalikan diri, dan menyesuaikan diri dengan orang lain. Ia belajar bertanggung jawab bagi dirinya dan orang lain.

Ia mulai mempelajari hak-haknya, aturan, dan bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama. Ia juga lebih senang bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespons, berbagi, mendengarkan, serta menghargai hak dan pendapat orang lain. Ia pun lebih kooperatif dan bisa berperilaku sopan.

Bahasa Si Kecil lebih memahami hal yang dimaksudkan orang tua, seperti perintah, aturan, cerita, dan menghargai bacaan. Ia bisa berbahasa dengan baik, seperti tanya jawab dan menceritakan kembali. Ia juga lebih memahami bentuk dan bunyi huruf.

Setiap anak terlahir imajinatif. Maka, tidaklah aneh kalau seni termasuk dalam 6 aspek perkembangan anak usia dini. Dia bisa bereksplorasi dan mengekspresikan diri dalam hal musik, drama, lukisan, kerajinan, dan masih banyak lagi. Ia juga lebih menghargai hasil karya seni.

Informasi tambahan bagi bunda, yang sedang mengandung si buah hati, bisa dimulai sejak di dalam janin, untuk banyak mengkonsumsi Betacaroten, karena Manfaat Betacaroten untuk perkembangan janin sangat bagus untuk perkembangan motoric si kecil. Itulah setiap aspek yang mempengaruhi tahap perkembangan anak. Semoga berguna untuk anda.

No comments:

Post a Comment