Friday, 5 July 2019

Benarkah Air Banyak Mineral Picu Radang Tenggorokan?

Penyebab radang tenggorokan bisa beragam. Tetapi, air dengan kandungan banyak mineral apakah bisa memicu radang tenggorokan?

Benarkah Air Banyak Mineral Picu Radang Tenggorokan

Beberapa orang beranggapan bahwa air yang banyak mengandung mineral bisa memicu radang tenggorokan. Apakah anggapan itu benar?

Terkait ini, radang tenggorokan merupakan kondisi ketika tenggorokan Anda mengalami peradangan atau iritasi. Penyebab radang biasanya karena infeksi bakteri atau virus.

Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara itu, jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air.

Air mengandung mineral picu radang tenggorokan?

Menurut pemaparan dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, sebenarnya air putih banyak juga yang mengandung mineral.

"Air-air yang dari pegunungan, misalnya, biasanya banyak mengandung mineral. Tapi, itu bukan sesuatu yang memicu radang tenggorokan. Biasanya sifat air yang memengaruhi radang tenggorokan," ujar dr. Nabila.

Sifat air yang dimaksud dr. Nabila adalah minuman-minuman manis. Menurutnya, minuman manis bisa membuat kondisi radang tenggorokan Anda semakin parah.

Jika sedang radang tenggorokan, mengonsumsi yang bersifat manis itu akan memperparah gejala. Tenggorokan bisa gatal akibat minuman manis dan nantinya malah akan membuat Anda gampang batuk. Bahkan, bagi beberapa orang, teh manis juga bisa langsung memicu batuk.

Di sisi lain, ada minuman lain yang juga bisa menyebabkan radang tenggorokan, yakni alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan mampu membuat kering area tenggorokan dan dapat memicu radang tenggorokan.

Jangan lupa banyak minum

Sementara itu, bagi Anda yang sedang menderita radang tenggorokan dr. Nabila menyarankan Anda untuk banyak mengonsumsi air putih. Jika sehari-hari saja disarankan sekitar 2 liter atau 8 gelas, maka ketika sakit radang tenggorokan jangan sampai kurang.

Pasalnya jika kurang minum, Anda akan mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi akan membuat tenggorokan kering dan memperberat kondisi radang tenggorokan Anda.

"Minum air putih yang banyak. Sebenarnya, saat radang tenggorokan tetap minum seperti hari-hari biasa, 2 liter per hari," ucap dr. Nabila lagi.

Baca Juga : Fakta Luar Biasa Bagi Kesehatan Tentang Air Alkali

Jadi, tak ada masalah bila minum air yang mengandung mineral karena tidak memicu radang tenggorokan. Bila Anda sedang radang tenggorokan, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

No comments:

Post a Comment