Friday, 2 November 2018

Ternyata Ini yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar, Lho!

Pada umumnya, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya, kurang lebih 3-7 hari. Tetapi, banyak juga yang mengalami ketidaklancaran pada siklus menstruasinya, sehingga sering menyebabkan wanita kram perut. Kram perut sendiri terjadi karena peluruhan dinding rahim yang disertai pendarahan, biasanya terjadi di hari pertama sampai hari ketiga menstruasi.

Ternyata Ini yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar, Lho!

Untuk menghindari kram perut tersebut, biasanya ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh wanita. Contohnya, mengatur pola makan, mengatur pola tidur, rutin berolahraga, dan masih banyak lagi. Beberapa hal tersebut perlu dilakukan agar haid lancar dan terhindar dari masalah menstruasi yang sering mengganggu kenyamanan wanita.

Tetapi, ada baiknya, Anda mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya haid atau menstruasi tidak lancar. Berikut adalah pemaparannya yang wajib Anda simak.

Pola Kehidupan Sehari-hari

Ini yang sering kali diabaikan. Bahwasanya, pola hidup sehat tentu akan mempengaruhi siklus menstruasi menjadi lancar. Biasakan konsumsi makan makanan yang bergizi, atur waktu istirahat, jangan terlalu lelah dengan aktivitas, jangan banyak pikiran, serta olahraga yang cukup. Olahraga pun tetap harus diperhatikan, jangan terlalu berat, karena malah akan menyebabkan menstruasi tidak lancar.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS merupakan beberapa gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Kista tersebut membuat hormon wanita jadi tidak seimbang. Selain itu, hormon testosteron bisa meningkat melebihi batas normal pada wanita. Oleh sebab itu, wanita dengan PCOS biasanya tidak mengalami haid atau mengalaminya tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ini juga yang menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Pemasangan KB hormonal memang sering kali menjadi keluhan para wanita. Hal ini memang berdampak pada kelancaran menstruasi Anda. Namun, ada juga yang membuat darah haid menjadi lebih banyak dari biasanya. Setiap wanita tidak selalu sama keluhan yang dialaminya, jadi, tidak bisa menjadi pembanding yang akurat sebelum Anda menggunakannya sendiri.

Itulah beberapa hal yang menjadi haid wanita tidak lancar. Selain beberapa pemaparan di atas, tentu masih banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya. Tinggal bagaimana Anda memahaminya, sehingga tidak terjadi lagi wanita kram perut pada saat haid atau menstruasi.

Terus menjalani pola hidup sehat mulai dari sekarang, karena hal tersebut akan mempengaruhi kestabilan hormon Anda agar haid lancar. Demikian ulasan mengenai hal-hal yang menyebabkan menstruasi tidak lancar. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment