Thursday, 1 November 2018

5 Tips Aman Mengajukan Kredit Online untuk Pemula

Belakangan ini jika dilihat memang tak hanya item fashion atau gadget saja yang banyak diperjualbelikan secara online bahkan beberapa bentuk usaha juga sudah mulai merambah ke dunia online, sebut saja diantaranya adalah jasa keuangan. Banyak produk kredit online yang ditawarkan oleh mereka, di satu sisi tentunya ini menjadi angin segar bagi masyarakat, karena memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam mengajukan pinjaman bukan. Tak harus datang ke bank secara langsung lagi dengan adanya fasilitas yang satu ini.

Lalu apakah produk kredit yang ditawarkan secara online ini menjamin keamanan, faktanya memang tak bisa dipungkiri jika seandainya ada plus minus juga, utamanya adalah dari segi keamanan. Mengingat bentuk penipuan semacam ini juga sering kali terjadi, membuat debitur rugi setelah mengajukan pinjaman, dikarenakan adalah nominal bunga yang begitu besar, atau mereka meminta uang muka, namun tak mendapatkan pinjaman sama sekali, untuk itu harus lebih berhati-hati dalam transaksinya.

Berikut ini setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar lebih aman jika ingin mengajukan pinjaman berbasis online tersebut, diantaranya adalah:

5 Tips Aman Mengajukan Kredit Online untuk Pemula


1. Lebih baik ajukan pinjaman ke situs resmi yang legal, artinya sudah berada di bawah pengawasan OJK. Dengan demikian nantinya jika ada sesuatu yang terjadi maka bisa secara langsung dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Jangan asal mengajukan pinjaman ke sebuah situs atau lembaga yang tidak jelas latar belakangnya.
2. Ajukan pinjaman sebaiknya untuk kredit barang, faktanya memang pinjaman berbasis online ini lebih ditujukan kepada mereka yang terbiasa dalam bertransaksi atau jual beli barang online, sebut saja diantaranya adalah belanja online. Beberapa produk bisa dibeli dengan sistem kredit, namun menggunakan kartu kredit, bagi yang tidak punya bisa mengajukan pinjaman dari situs-situs keuangan tersebut.
3. Jangan meminjam terlalu banyak, artinya pinjam sesuai dengan kebutuhan saja, ingat bahwa bentuk pinjaman semacam ini produktif dengan menghasilkan bunga.
4. Cek terlebih dahulu suku bunga yang dikenakan oleh pihak tersebut, jika setelah dikalkulasikan ternyata nilai bunganya terlalu besar, maka pertimbangkan lagi untuk menjatuhkan pinjaman kesana jika tak ingin menyesal di kemudian hari.
5. Ingat bahwa pihaknya tidak menarik uang muka untuk pinjaman, artinya memang ada beban administrasi yang diberlakukan, namun nanti setelah uang pinjaman cair, akan langsung dipotong dengan beban tersebut, pihak pemberi kredit tidak menarik uang muka untuk pinjaman terlebih dahulu dari debitur.

Setidaknya itulah beberapa tips aman yang harus diperhatikan ketika ingin ajukan kredit online, semakin kesini kehidupan manusia memang semakin dimudahkan, namun jangan sampai hal tersebut justru berdampak buruk bagi Anda, utamanya dimanfaatkan untuk menumpuk hutang jadi lebih banyak.


No comments:

Post a Comment