Wednesday, 31 October 2018

Cara paling tepat mencuci pakaian bayi

Ada beragam pengetahuan yang seharusnya diketahui oleh para ibu muda. Tak hanya yang berkaitan dengan perawatan bayi secara langsung. Namun juga mengenai hal lain yang berhubungan dengan sang buah hati. Misalnya, cara mencuci pakaian bayi. Mencuci pakaian bayi dengan cara yang salah bukan hanya bisa merusak dan meninggalkan bekas noda. Tapi juga kemungkinan akan ada bakteri dan kuman yang tertinggal pada serat kain. Sehingga bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi dan juga iritasi.

mencuci pakaian bayi

Menggunakan deterjen pakaian bayi memang merupakan salah satu cara tepat untuk mencuci. Selain itu juga pastikan menggunakan sabun lembut untuk bayi lain sehingga tak akan menimbulkan iritasi di kulit bayi.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini merupakan cara tepat untuk mencuci pakaian bayi.

1. Langkah pertama, pisahkan pakaian. Pisahkan pakaian bayi dalam beberapa kategori berbeda. Pertama-tama, pisahkan berdasarkan jenis. Ini berarti pakaian dalam, popok, hingga kaos dalam bayi seharusnya dicuci terpisah dari baju luar, selimut, dan lain-lain. Kemudian pisahkan berdasarkan warna. Hal ini demi menghindari warna luntur di pakaian. Baru kemudian pisahkan pakaian yang bernoda dengan yang tidak.

2. Pakaian yang bernoda sebaiknya direndam lebih dulu. Pakaian dengan noda protein seperti susu, ASI, hingga bekas makanan direndam terpisah dengan pakaian bernoda minyak. Baju dengan noda protein bisa direndam dengan campuran deterjen pakaian bayi dan air dingin. Sedangkan noda minyak direndam dengan air hangat atau panas.

3. Hindari penggunaan pelembut dan pewangi pakaian. Deterjen khusus bayi biasanya sudah akan memiliki tambahan pewangi dan pelembut yang aman untuk kulit bayi. Sedangkan produk lain biasanya menggunakan pewangi dan pelembut dengan tambahan alkohol. Kedua hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Baca Juga : Alasan Orang Dewasa Pakai Pampers

4. Ketika mengeringkan, pastikan menjemur baju bayi untuk menghindari munculnya jamur. Jangan hanya mengeringkan dengan mesin saja. Jemur baju bayi di tempat teduh namun tetap terkena panas matahari secara tidak langsung. Pastikan baju benar-benar kering ketika digunakan pada bayi nantinya.

Begitu ya cara tepat untuk mencuci pakaian bayi agar bersih dan bebas kuman.

No comments:

Post a Comment