Saturday, 21 July 2018

Ternyata Ini 4 Persiapan Agar Anak Nyaman dan Tak Mogok Sekolah

Ada kalanya orangtua merasa anaknya tidak bisa diajak masuk sekolah, dan penyebab dari masalah ini ternyata sangat beragam. Bisa karena teman di kelasnya melakukan bully terhadap si kecil, bisa pula karena ada pelajaran yang membuatnya takut karena tidak bisa, atau karena alasan lainnya. Menghadapi si kecil yang mogok sekolah secara mendadak bisa membuat orangtua manapun mengalami frustasi. Memaksa anak tetap masuk malah dikhawatirkan memicu masalah baru pada psikis si kecil, maka dilema ini musti diatasi dengan cerdas. 

Hasil gambar untuk anak mau sekolah
 
Alangkah baiknya sejak awal sudah melakukan tindakan preventif dengan mempersiapkan buah hati masuk ke lingkungan sekolah. Adapun cara mempersiapkan mereka antara lain:

1. Mengajari anak pelajaran dasar,


Sebelum masuk lingkungan sekolah biasanya untuk tingkat dasar sekalipun sudah ada serangkaian tes. Jadi, persiapkan si kecil untuk sukses melewati tes tersebut sehingga bisa masuk ke sekolah yang memang terbaik. Selain bisa lolos seleksi pertama dalam hidupnya mengajari si kecil membaca, berhitung, dan pelajaran dasar lainnya. Ternyata juga menyiapkan mental si kecil untuk siap menerima pelajaran dari gurunya sehingga tidak khawatir takut pelajaran tertentu.

2. Membiasakan anak berkonsentrasi,


Anak-anak memang menjadikan kegiatan bermain sebagai sarana untuk belajar juga, namun perlu dampingan orangtua. Sebelum masuk lingkungan sekolah baiknya jauh sebelumnya sudah mengajari si kecil pentingnya berkonsentrasi. Misalnya dengan lebih sering mengajak si kecil mengobrol dan ajari mereka untuk menjadi pendengar yang baik. Kemudian bisa pula dengan mengajari mereka naik sepeda sejak masih batita, sebab bersepeda berpotensi mengasah kemampuan anak berkonsentrasi dengan lebih mudah.

3. Mengajari si kecil untuk bersosialisasi,

Anak bisa jadi mendadak akan mogok sekolah manakala kaget dengan kondisi di lingkungan sekolah yang lebih ramai. Alangkah baiknya orangtua sudah mulai mengajak si kecil bersosialisasi sejak dini. Memang akan membuat orangtua lelah karena sehabis lelah berkutat di depan meja kerja sepulangnya ke rumah musti tertib mengajak anak jalan-jalan minimal keliling kompleks. Namun asalkan dinikmati dan tahu betul manfaatnya dijamin terasa enjoy, cobalah untuk mengajari si kecil bersosialisasi misalnya sering diajak bermain dengan anak seusianya agar terbiasa.

4. Membantu anak lebih mandiri,

Kadang kala anak berontak tidak ingin lagi sekolah karena tidak nyaman jauh dari dampingan orangtua atau orang terdekatnya. Kondisi ini bisa terjadi pada anak manapun terlebih jika tidak pernah diajari mengenai kemandirian. Jadi, lakukan beberapa latihan sejak si kecil memasuki usia 2-3tahun dengan beragam keahlian. Misalnya memakai bajunya sendiri, menggosok gigi sendiri, mandi sendiri, dan sebagainya. Latihan untuk mandiri ini membuat si kecil lebih percaya diri lepas dari pengawasan orangtua sehingga nyaman saat masuk ke lingkungan sekolah.

No comments:

Post a Comment