Sunday, 1 July 2018

Pilih 4 Menu Nusantara Ini untuk Tetap Sehat Saat Jajan di Luar

Cermat dalam memilih menu makanan di sebuah restoran, kafe, dan sebagainya membantu Anda untuk tetap sehat. Sesekali makan di luar memang penting untuk mencegah rasa jenuh terhadap masakan rumahan yang sekedar di selang-seling saja. Orang kebanyakan mengira jika untuk bisa makan enak namun sehat di luar rumah musti ke restoran yang mahal sekelas restoran makanan Jepang, atau restoran khusus western yang menyajikan salad dan olahan sehat lainnya. Padahal ada banyak kuliner khas nusantara yang diolah dengan cara sehat seperti dibakar, di tumis, direbus, dan semacamnya. 

Gambar terkait
 
Jika berencana jajan masakan nusantara namun tetap ingin sehat barangkali beberapa rekomendasi menu sehat dan murah berikut cocok untuk dicari:

1. Nasi goreng,

Masyarakat Indonesia pasti kenal betul dengan menu nasi goreng yang tersedia di warung kaki lima sampai restoran di sebuah hotel bintang lima. Setiap rumah makan memiliki menu nasi goreng dengan cita rasa yang khas namun dijamin sehat dan murah. Pasalnya menu ini terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan sedikit minyak dan ditambahkan aneka sayuran, daging, seafood, telur, dan sebagainya. Sajiannya menjadi kaya nutrisi namun harganya ekonomis.

2. Pepes,

Makanan yang dimasak dengan cara dikukus tentunya sehat karena rendah lemak, rendah kalori, dan rendah kolesterol jahat. Pepes merupakan salah satu jenis kuliner khas nusantara yang jenisnya banyak dan dimasak dengan cara dikukus. Saat makan di luar cobalah untuk menikmatinya dengan atau tanpa nasi hangat dijamin suka. Apalagi masakan Indonesia satu ini diperkaya dengan aneka rempah, jenis bahan utamanya beragam mulai dari tahu, ikan, sampai ayam.

3. Ayam bakar,

Suka makan ayam? Jika memilih menu ayam goreng saat masuk ke restoran di akhir pekan bisa jadi daging ayam yang disajikan tinggi lemak. Sebab dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam penggorengan yang diisi minyak banyak-banyak. Agar sajian ayam ini lebih sehat namun tetap enak silahkan memesan ayam bakar karena dimasak dengan cara dibakar. Sajian ini dijamin lebih rendah lemak dan harganya tidak berbeda jauh dengan ayam goreng biasa padahal lebih sehat dan lebih nikmat pula.

4. Gado-gado,

Menu salad sayur atau buah di sebuah restoran western biasanya punya bandrol per porsi yang cukup tinggi. Jika tidak ingin boros sewaktu jajan di luar cobalah ganti pilihan salad sayuran ala western ini dengan menu sayuran khas nusantara. Pilihannya banyak dan salah satu yang cukup terkenal adalah gado-gado yang sering pula disebut sebagai salad tradisional khas Indonesia. Menu satu ini mengusung berbagai jenis sayuran berwarna dan ditambahkan potongan telur rebus sehingga nutrisinya seimbang. Dijamin enak, sehat, tapi tetap murah.

No comments:

Post a Comment