Friday, 6 July 2018

Mau AC Mobil Awet? Lakukan 4 Trik Pintar Ini!

Fitur andalan setiap mobil salah satunya adalah fitur pendingin atau air conditioner yang akrab disapa dengan sebutan AC mobil. Fitur ini memungkinkan pengemudi mobil beserta penumpang di dalamnya tetap merasa nyaman saat menempuh perjalanan. Terutama ketika berkendara di tengah cuaca yang terik maka dijamin akan tetap duduk manis dengan nyaman di dalam mobil ketika AC menyala dengan baik. Praktis fitur satu ini akan kerap digunakan dibanding fitur lainnya, maka tidak aneh rasanya jika pemilik mobil menaruh perhatian lebih padanya. 

Hasil gambar untuk perawatan ac mobil
 
Lumayan stress jika AC mobil tidak berfungsi dengan baik, maka sejak awal baiknya merawat fitur ini dengan baik. Lakukan trik pintar berikut agar AC mobil tidak mudah rusak:

1. Menjaga kebersihan interior mobil,


Menjadikan AC mobil selalu berfungsi dengan baik sebenarnya bisa dengan melakukan kebiasaan sederhana seperti menjaga kebersihan interior mobil. Jadi, cobalah untuk rutin mengecek kebersihan area kursi penumpang, karpet, sampai bagian yang sulit terlihat sekalipun. Pastikan selalu dalam kondisi bersih agar AC tidak bekerja terlalu keras dan lebih awet.

2. Memperhatikan kebersihan AC,

Kondensor pada AC akan mudah kotor ketika bekerja lumayan sering dan lumayan lama per harinya. Maka cek secara rutin dan dibersihkan untuk memastikan kondensor AC mobil berjalan dengan baik. Apabila kondensor ini kotor maka akan membuat mesin AC bekerja secara berlebihan sehingga pada akhirnya akan mudah rusak. Alangkah baiknya jika sejak awal sudah rutin memperhatikan kondisi dan kebersihan kondensor, supaya AC mobil selalu berfungsi dengan baik.

3. Matikan AC sejenak saat perjalanan jauh,


Pada saat melakukan perjalanan jauh otomatis AC mobil akan bekerja lebih lama sepanjang perjalanan tersebut. Dianjurkan bagi pemilik mobil untuk setiap beberapa kali mematikan AC mobil kemudian menyalakannya kembali. Proses on off secara bergiliran ini per beberapa jam sekali bertujuan untuk memberi waktu bagi mesin AC beristirahat sejenak. Akan lebih baik lagi jika meluangkan waktu untuk istirahat misal di rest area sembari mematikan AC mobil, sehingga tidak bekerja terlalu keras yang pada akhirnya tidak mudah soak.

4. Buka kaca mobil sebentar saat kabin panas,

Sedangkan pada saat mengemudi di tengah cuaca terik atau mungkin mobil terparkir lama di parkiran outdoor sehingga menyebabkan kabinya panas. Maka untuk mengeluarkan uap panas di tengah AC mobil yang bekerja musti membuka kaca mobil sebentar. Tujuan membuka kaca mobil ini adalah untuk mengeluarkan uap panas di dalam kabin sehingga meringankan kinerja AC. Namun jangan terlalu lama karena sejatinya membiarkan jendela mobil terbuka terlalu lama justru memperberat kinerja mesin AC mobil, jadi cukup beberapa detik saja.

No comments:

Post a Comment