Sunday, 3 June 2018

Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis Franchise Bagi Pemula

Akhir-akhir ini kembali booming lagi dipasaran mengenai berbagai jenis bisnis yang sukses meraup banyak keuntungan. Salah satu usaha yang kembali populer yaitu bisnis franchise atau sering orang menyebutnya dengan bisnis waralaba. Ini merupakan salah satu jenis usaha yang dimana pemilik modal mengadakan kerjasama dengan salah satu pemilik waralaba untuk saling menguntungkan. Bisnis ini cenderung lebih mudah dilakukan dari pada jenis lainnya. Untuk resiko yang dapat dialami seperti kerugian juga lebih kecil.
 
 
Melihat resiko gagal lebih kecil jadi bisnis satu ini sangat cocok bagi Anda yang baru sebagai pemula untuk memulai sebuah usaha. Walaupun mempunyai tingkat resiko rendah tetapi bisnis satu ini juga tidak lepas dari adanya kendala. Salah dalam mengambil keputusan saja itu dapat berakibat fatal ke belakangnya, contohnya saat pemilihan brand yang akan dibeli. Maka dari itu beberapa tips dibawah ini dapat dijadikan sebagai pedoman sebelum memulai bisnis waralaba, antara lain:

Tentukan waralaba yang mudah dilakukan.


Banyak sekali produk atau brand yang diwaralabakan mulai dari bisnis kuliner, fashion, alat, properti, atau lainnya. Dan langkah pertama Anda sebagai pemula harus memikirkan bidang apa yang akan diambil. Jangan pernah salah pemilihan, pakailah beberapa hal untuk pertimbangan.


Tentukan harga produk waralaba. 
 
Selanjutnya yaitu mengenai harga jual produk dalam franchise tersebut, jika kualitas yang diberikan baik harganya terjangkau tentu masyarakat akan semakin tertarik. Setidaknya harga tersebut bisa dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Dalam hal ini cukup penting mengingat sampai sekarang ini masyarakat lebih tertarik dengan produk yang mempunyai harga lebih ringan.

Pilih produk yang banyak dicari konsumen.
Dari berbagai jenis produk, Anda bisa memilih barang yang mayoritas orang membutuhkan. Jadi lebih mudah masuk ke konsumen dan langsung mendapatkan pelanggan. Seperti sekarang sedang trend waralaba bidang kuliner, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia jadi lebih mudah memasarkannya. Sebelum menentukan jenis produk ini Anda bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu di lingkungan masyarakat, apa yang sedang tinggi permintaannya.

Pilih jenis waralaba yang telah terjamin mengenai pelayanan yang baik.

Kemudian perlu dipikirkan juga dalam pelayanan dari brand yang akan Anda beli, selain kualitas atau mutu produk hal ini juga penting untuk kelanjutan sebuah usaha. Tidak jarang usaha yang berumur pendek akibat pelayanan yang kurang memuaskan kepada para pelanggannya.

Walaupun secara teori lebih mudah untuk melakukan, tetapi tidak kalah sedikit hal yang perlu dipikirkan sebelum memulainya. Harus siap fisik dan juga mental jika suatu saat mengalami kendala yang sukar untuk diselesaikan. Walaupun secara garis besar dalam bisnis franchise akan mendapatkan pelatihan ataupun dampingan terlebih dahulu dari pusat tetapi juga perlu kesiapan secara pribadi. Diawal saja pemilik waralaba membantu dalam hal operasional, aturan, sistem atau lainnya.

No comments:

Post a Comment