Thursday, 28 June 2018

4 Kiat Jitu yang Bisa Anda Terapkan Agar Tak Lagi Menderita di Tanggal Tua

Mengatur keuangan ternyata tidaklah mudah hal ini terlihat dari banyaknya orang yang keteteran untuk urusan satu ini. Secara umum pengaturan keuangan ini memang mudah untuk dipahami hanya saja sepertinya hanya sebatas teori saja. Sebab ketika sudah mengarah ke ranah praktek banyak yang kelimpungan, tak peduli gaji yang diterima lumayan besar. Mirisnya banyak orang yang menerima gaji bulanan tinggi malah kalah jauh dengan penerima gaji kecil dalam urusan saldo tabungan sampai seberapa banyak investasi yang sudah dilakukan. 

Hasil gambar untuk irit keuangan
 
Salah satu tantangan terberat dalam mengatur keuangan adalah menghadapi tanggal tua dimana muncul kemungkinan untuk mencari pinjaman. Agar tanggal tua isi kantong tetap baik-baik saja cobalah untuk melakukan kiat-kiat ini:

1. Segera bagi gaji bulanan,

Mencegah tanggal tua menjadi kondisi dimana kantong super kritis maka sejak hari pertama menerima gaji baiknya langsung diatur. Pisahkan ke dalam post-post biaya yang dimiliki dan bangun komitmen untuk memakai post biaya sesuai dengan rencana Anda. Misalnya sudah memisahkan biaya untuk makan maka jangan sampai terpakai untuk liburan atau belanja baju baru.

2. Dahulukan biaya-biaya wajib,

Mencegah kemungkinan gaji bulanan Anda malah minus maka selain membagi ke semua post biaya. Baiknya memahami cara menentukan prioritas sebab beberapa biaya ini ada yang sifatnya urgent sehingga perlu segera didahulukan. Beberapa contoh biaya urgent ini antara lain biaya untuk cicilan hutang, biaya tagihan bulanan, dan sejenisnya. Biaya ini baiknya segera dibayarkan tepat saat gaji diterima sehingga mendekati akhir bulan Anda tinggal memikirkan bagaimana cara menghemat uang makan.

3. Segera sisihkan gaji untuk tabungan dan investasi,
Penting sekali untuk memiliki kesadaran akan pentingnya investasi di masa depan, minimal dalam sektor tabungan. Bentuk tabungan pun beragam bisa dalam bentuk uang tunai yang disimpan di bank ataupun di rumah lewat celengan konvensional. Bisa pula dalam bentuk barang berharga misalnya perhiasan emas, yang bisa dijual sewaktu-waktu saat butuh biaya. Intinya saat gaji diterima usahakan untuk mewajibkan diri menyisihkan uang meski sedikit untuk ditabung atau disalurkan ke investasi. Tinggal memilih produk tabungan atau investasi yang cocok.

4. Hindari kebiasaan konsumtif,

Salah satu penyebab mengapa gaji yang diterima seolah sekedar lewat adalah keliru dalam menentukan gaya hidup. Bisa jadi kekeliruan ini karena salah bergaul, sebab teman bergaul mempengaruhi pola konsumtif seseorang. Baiknya mulailah membatasi waktu untuk bersosialisasi dan manfaatkan waktu luang untuk hal bermanfaat. Sebab terlalu sering jalan-jalan ke mall, nongkrong di kafe, sampai mampir klub malam membuat gaji mudah habis. Batasi kebiasaan-kebiasaan semacam ini supaya tanggal tua tidak lagi mengerikan untuk dilewati.

No comments:

Post a Comment