Tuesday, 29 May 2018

Tips Merawat Helm Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara

Helm menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus digunakan saat mengendarai motor karena bermanfaat untuk melindungi kepala dari benturan ataupun dari hal yang membahayakan lainnya yang dapat menciderai diri sendiri ataupun orang lain. Karena helm sering digunakan bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama, akan membuat helm memiliki bau yang ampek. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat langkah perawatan yang dapat Anda lakukan agar helm tetap wangi.
 
 
Cara paling mudah untuk merawatnya adalah jangan sampai helm basah terlalu lama. Misalnya setelah Anda kehujanan, atau secara tidak sengaja helm Anda terkena air sehingga basah, maka jika sudah selesai menggunakannya, Anda harus menjemurnya atau memposisikan helm terbalik sehingga bagian dalam helm menghadap ke atas. Anda juga bisa menggunakan tisu ataupun kertas yang sudah tidak dipergunakan untuk bisa menyerap air di bagian dalam helm sehingga tidak menyebabkan kepala Anda sakit atau terasa tidak nyaman karena lembab.

Menjaga kebersihan helm dengan membersihkan helm dari kotoran dan debu di batok dan kaca helm. Mencuci helm dengan cara:
 
  • Menggunakan air sabun cair untuk membersihkan visor atau kaca helm lalu gosok dengan telapak tangan dan hindari penggunaan alkohol atau cairan kimia. Keringkan dengan lap halus atau bisa juga dengan kanebo.
  • Gunakan sabun cair atau sampo untuk mencuci busa bagian dalam helm. Jangan lupa untuk menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi yang halus, lalu peras dan jemur. Hindari penggunaan deterjen karena bisa merusak lapisan perekat atau lem. Jika merendam busa helm, hindari untuk merendam lebih dari 10 menit. 
  • Setelah itu langsung keringkan dengan menjemurnya dengan cara diangin-anginkan. Sebelum digunakan, pastikan jika helm sudah benar-benar kering agar tidak hanya untuk mencegah adanya bau yang tidak enak namun juga menghindari tumbuhnya jamur di bagian dalam helm. Setelah kering dan untuk menjaga agar bakteri tidak tumbuh di dalam helm yang menyebabkan gatal pada kepala dan bau yang kurang sedap.

Langkah lainnya untuk merawat helm yang tepat agar tidak apek, yaitu:

  • Poles batok helm dengan menggunakan cairan poles ataupun wax. Namun, untuk shell yang matte, doff dan rubbertone tidak boleh dipoles.
  • Gunakan minyak silikon untuk bagian ratchel atau mekanisme atau engsel helm.
  • Simpan helm di tempat yang kering.
  • Saat menyimpannya, buka kaca penutup helm terutama jenis helm full face agar udara dan panas dalam helm tidak terperangkap di dalam.
  • Jika digunakan untuk jarak jauh, segera jemur helm dengan posisi terbalik agar cepat kering.

No comments:

Post a Comment