Thursday, 24 May 2018

Ternyata Harga Mobil di Pasaran Terpengaruh Oleh Beberapa Faktor Berikut Ini!

Sebagai salah satu alat transportasi yang dibutuhkan di Indonesia, para produsen sadar untuk mengimpor dan membuat kendaraan roda empat tersebut dan kemudian menjualnya di Indonesia. Harga kendaraan roda empat tersebut bervariasi, mulai dari 200 jutaan rupiah hingga milyaran rupiah. Banyaknya merk yang menjual kendaraan roda empat tersebut di Indonesia, tidak membuat masyarakat di Indonesia sebagai konsumen surut untuk membeli bahkan diantaranya tidak masalah jika harus membayar dengan harga yang tinggi. Namun, harga mobil yang ada di pasar Indonesia, ternyata dipengaruhi atas faktor berikut ini. 
 
 
Pertama adalah karena faktor biaya produksi. Jika bahan baku atau komponen atau program yang digunakan untuk membuat mobil tersebut semakin sulit dan semakin mahal maka harga dari mobil tersebut juga akan menjadi semakin mahal. Namun, selain biaya bahan baku ataupun komponen, biaya produksi juga dipengaruhi oleh biaya yang harus digunakan untuk membayar tenaga kerja, biaya untuk proses uji coba serta penelitian yang dilakukan sebelum mobil tersebut layak dan kemudian dibuat dan jual secara masal ke pasaran.

Kedua adalah jumlah dari produksi mobil. Semakin sedikit jumlah mobil yang diproduksi maka harga mobil terkini tersebut akan menjadi semakin mahal. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh pembelian bahan baku yang digunakan karena jika semakin banyak bahan baku yang dibeli maka harganya juga akan semakin lebih murah. Sehingga jika bahan baku sedikit, maka jumlah mobil yang diproduksi juga sedikit dan mobil tersebut menjadi langka sehingga harganya akan menjadi lebih mahal.

Ketiga adalah harga dari kompetitor yang lainnya. Masing-masing produsen menawarkan mobil dengan harga terjangkau dan memiliki fungsi maksimal, jika mobil tersebut mempunyai sistem, mesin, body, mekanisme yang hampir sama ataupun kurang jika dibandingkan dengan mobil lain dari produsen yang berbeda maka harganya akan lebih murah. Keempat adalah pajak dari mobil import. Hampir 100% mobil yang ada di Indonesia dikeluarkan oleh produsen asing walaupun tidak semuanya dibuat di negara produsen tersebut bahkan beberapa diantaranya sudah memilih pabrik di Indonesia untuk perakitan dari mobil yang dibuat oleh produsen tersebut. Jika pajaknya tinggi maka harga dari mobil tersebut juga tinggi.

Kelima adalah kondisi rupiah. Jika rupiah melemah dan dolar menguat maka akan berpengaruh terhadap harga dari bahan baku sehingga biaya produksi akan meningkat. Hal tersebutlah yang bisa mempengaruhi besarnya harga mobil terkini yang ada di pasaran. Namun selain itu, terdapat berbagai macam pertimbangan yang dipertimbangkan oleh pihak produsen mobil tersebut mengenai kenaikan atau penurunan harga dari mobil tersebut. Sedangkan untuk mobil bekas sendiri dipengaruhi oleh kondisi mobil terakhir termasuk apakah mobil tersebut mendapatkan perawatan yang benar atau tidak. Sehingga, Anda bisa memilih dan membeli mobil di saat yang tepat misalnya saat rupiah sedang menguat atau dolar sedang melemah.

No comments:

Post a Comment