Saturday, 19 May 2018

Peluang Bisnis Ternyata Bisa Diperoleh Lewat Cara Ini!

Ketika seseorang memulai suatu bisnis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan melihat peluang bisnis. Berbagai macam keadaan dapat dijadikan sebagai peluang yang kemudian menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi pebisnis tersebut. Dari peluang untuk bisnis yang didapatkan, dapat di analisa dan kemudian dituliskan dalam suatu rencana bisnis. Dalam rencana tersebut, pembuat atau pelaku bisnis, dapat melihat kekuatan, kelemahan, ancaman dan kesempatan yang ada. 
 
 
Menurut dari Dr. D.J. Schwartz, terdapat cara untuk memanfaatkan peluang usaha yang intinya yaitu:

  • Percaya diri dan yakin jika usahanya akan berhasil, caranya memulai dari diri sendiri yaitu dengan menghilangkan pikiran negatif.
  • Jangan berada di lingkungan yang konstan karena akan dapat melumpuhkan pikiran dari kewirausahaan.
  • Bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana cara agar dapat menjadi lebih baik.
  • Setelah bertanya pada diri sendiri, dengarkan kata hati untuk keputusan yang tepat.
  • Memperluas pikiran sehingga gagasan dan ilmu pengetahuan tentang bisnis yang dimiliki semakin luas.

Langkah awal harus dilakukan untuk dapat mencari sebuah peluang usaha. Pertama adalah dengan mengamati keadaan sekitar, misalnya lingkungan tempat tinggal atau lingkungan bisnis. Jika terdapat sesuatu yang tidak ada atau dimiliki oleh lingkungan tersebut, ambil dan tuliskan dalam sebuah rencana. Dalam penulisan rencana tersebut, pikirkan tujuan untuk jangka waktu pendek dan jangka waktu yang lama misalnya 10 tahun mendatang. Rencana tersebut dapat membantu untuk mendorong pelaku bisnis mencapai tujuan yang dituliskan.

Cara lainnya adalah dengan mencontoh keberhasilan dari bisnis orang lain. Anda dapat mengamati suatu bisnis yang mampu bertahan dan masih dapat berkembang, kemudian mempelajari riwayat atau latar belakang dari bisnis tersebut. Setelah itu, analisis kunci atau permasalahan atau inti yang didapat, kemudian Anda dapat menerapkannya pada bisnis yang Anda bangun dan ingin dikembangkan. Cara untuk menemukan peluang usaha yang bermanfaat untuk membangun sebuah usaha, diantaranya yaitu:

  • Menanyakan pada diri sendiri mengenai ketrampilan atau bakat yang dimiliki. Dari ketrampilan tersebut dapat membantu untuk menemukan ide bisnis yang menjanjikan.
  • Memikirkan mengenai sesuai yang sedang trend saat itu misalnya jika sedang musim sepak bola piala dunia, dapat menggunakan peluang tersebut untuk menjual jersey atau sesuatu yang berbau dengan sepak bola.
  • Menciptakan jasa atau produk yang baru.

Setelah mendapatkan peluang bisnis dari beberapa cara, selanjutnya tuliskan pada rancangan atau rencana bisnis. Dari rencana tersebut dapat dilakukan berbagai macam analisa mengenai segala kemungkinan yang ada dan mungkin dapat terjadi pada bisnis tersebut. Setelah itu, untuk mengantisipasi adanya berbagai macam kemungkinan, ciptakan suatu strategi bisnis yang akan berpengaruh pada perkembangan bisnis. Hal yang perlu diperhatikan adalah, ketika mengambil keputusan, tidak hanya berdasarkan pada informasi yang didapat atau terlalu mengikuti kata hati, namun juga harus melihat lebih realistis.

No comments:

Post a Comment