Tuesday, 24 April 2018

Tips Mudah Membayar Tagihan Listrik Bulanan dengan Menggunakan E-Banking

Ketika sudah menerima gaji bulanan, pastinya banyak diantara Anda yang mulai menyisihkan uang tersebut antara untuk kebutuhan konsumtif dan juga tagihan-tagihan lainnya, salah satunya adalah tagihan listrik bulanan, patut menjadi prioritas utama jika ingin terus menikmati listrik di rumah. Karena tak bisa dipungkiri bahwa listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Banyak hal dasar yang harus dilakukan dan membutuhkan listrik. Diantaranya adalah penerangan, kemudian juga untuk memasak, mencuci pakaian hingga bersih-bersih. Apalagi masyarakat kota yang gaya hidupnya bergantung pada teknologi.


Tak bisa dipungkiri bahwa belakangan ini lebih banyak memang sarana rumah tangga yang dikeluarkan berbasis teknologi, dalam penggunaannya memang memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat. Namun sebanding dengan hal tersebut maka ada pengeluaran lainnya yang harus Anda relakan, yaitu untuk listrik. Karena memang semua penggunaan tersebut bergantung dengan listrik. Bahkan juga gadget yang menemani kehidupan Anda, tak akan berfungsi jika dayanya tidak dicharger.

Ada banyak cara untuk bisa menghemat tagihan listrik bulanan, mulai dari mengurangi pemakaian perangkat rumah tangga yang tak penting, mematikan lampu ketika tak dipakai, hingga menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan atau konsumsi dayanya rendah. Di era teknologi sekarang ini sebenarnya untuk bisa membayar tagihan listrik juga sangat mudah, tanpa harus datang ke kantor PLN untuk membayar. Semuanya bisa dilakukan secara online, sistem pembayaran ini tentunya lebih menguntungkan untuk Anda bukan.

Pembayaran mudah lainnya juga bisa dengan memanfaatkan layanan dari bank Anda, beberapa bank memberikan fasilitas untuk bayar listrik secara mudah, cukup dari ATM, atau mengandalkan e-banking. Diantara sebagian bank yang sudah memberikan fasilitas ini adalah BRI, untuk bisa lakukan pembayaran secara mudah, maka berikut ini panduannya, yaitu

  • Login terlebih dahulu pada situs e-banking BRI Anda, akan lebih mudah juga jika memiliki aplikasi BRI banking. Anda bisa langsung masuk dengan ID pengguna, masukkan juga paswordnya.
  • Masuk menu pembayaran untuk listrik, untuk masuk kesini maka sebelumnya Anda bisa memilih menu pembelian atau pembayaran, klik bagian pembayaran dan cari pembayaran listrik.
  • Setelah masuk akan muncul kotak untuk mengisi nomor IDPEL, Anda sebelumnya harus tahu nomor yang digunakan, nomor ini juga bisa digunakan untuk melihat jumlah tagihan listrik rumah tangga di situs resmi PLN. Setelah bisa masuk maka bisa langsung melakukan konfirmasi pembayaran tagihan listrik tersebut.
  • Sangat mudah, sedangkan bagi yang ingin melakukan pembelian juga bisa langsung dari sini, yaitu pada menu pembayaran dan pembelian sebelumnya, klik bagian pembelian, pilih bagian token listrik.
  • Masukkan nomor rekening listrik rumah Anda, juga pilih nominal yang diinginkan, kemudian kirim, biasanya ada beberapa nominal untuk pembelian listrik lewat ATM.
  • Nantinya akan masuk pesan ke nomor yang sudah disertakan didalamnya, pastikan Anda memiliki pulsa dengan minimal 1000 rupiah untuk melakukan konfirmasi SMS tersebut, biaya untuk SMS adalah 500 rupiah, nantinya akan berisi kode yang bisa dipakai dalam mengisi pulsa listrik tersebut.
  • Ketika transaksi yang dilakukan sudah selesai maka selanjutnya Anda bisa logout dari sana.

Kini tak perlu khawatir lagi dalam membayar tagihan listrik bulanan, cukup dengan beberapa langkah tersebut, hanya berbekal ponsel terkoneksi dengan internet sudah bisa dilakukan. Namun pastikan juga sudah ada saldo di dalam e-banking Anda agar bisa digunakan.

No comments:

Post a Comment