Thursday, 15 March 2018

Ternyata Ini Tanda Ban Mobil yang Sudah Butuh Diganti

Berkendara dengan mobil memang memberikan kenyamanan ekstra pada setiap pengendara dan juga penumpangnya. Tak heran jika mobil menjadi kendaraan yang banyak sekali diandalkan. Memiliki mobil tentunya bertanggung jawab juga untuk bisa merawatnya. Dengan perawatan mobil yang tepat, maka akan menjadikan kemungkinan mobil rusak atau bermasalah bisa diminimalisir. Tentunya untuk perawatan mobil ini butuh sekali komitmen pada pemiliknya.

Perawatan mesin, oli hingga salon mobil sudah kerap dilakukan. Namun ada satu bagian di mobil yang bahkan justru kerap dilupakan yakni ban mobil. Perawatan untuk ban mobil sebetulnya amat mudah yakni dengan selalu memeriksa tekanan angin. Jika tekanan anginnya kurang dimana akan mengakibatkan pemborosan pada penggunaan dari BBM. Namun jika tekanan di ban terlalu keras, maka jangan heran jika ban mobil akan cepat rusak. Selain itu lakukan rotasi ban mobil ini dilakukan sehingga mobil bisa selalu awet dan tahan lama. Cara mudahnya adalah dengan merotasi ban dimana peletakan bannya ditukar di posisi lain secara berkala.

Namun meski sudah dilakukan perawatan, tentunya ban mobil juga ada masa pakainya. Berikut ini beberapa tanda bahwa ban mobil Anda sudah wajib untuk dilakukan penggantian:

Ternyata Ini Tanda Ban Mobil yang Sudah Butuh Diganti

1. Permukaan ban yang tipis dan rata

Untuk tanda pertama adalah dari segi ban yang sudah terlihat tipis dan datar. Ban yang tadinya memiliki bentuk begitu kompleks tentunya kian lama akan kian terkikis karena alasan sudah seringkali dipakai kemana-mana. Dengan bentuk yang sudah rata itu maka ban akan seringkali bermasalah jika diajak berkendara misalnya ban cepat bocor, selipan ketika berkendara hingga pecah tiba-tiba.

2. Permukaan ban ada benjolan

Selain ban yang terlihat terlalu rata dan gundul, tanda lainnya yang mengindikasikan bahwa ban mobil sudah harus diganti adalah ketika di ban sudah muncul benjolan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka ban mobil akan berpotensi untuk meledak. Alasan benjolan yang ada di ban mobil ini adalah karena pengaturan yang ada pada angin ban ini kurang sesuai sehingga banyak bergesekan dengan plat mobil.

3. Ban mobil sudah retak

Ban mobil masih memiliki alur. Ban mobil juga tidak ada benjolan. Namun kenapa muncul retakan? Anda juga harus waspada dengan hal ini dimana retakan ini bisa jadi disebabkan karena suhu tinggi dalam penggunaan mobilnya. Tak hanya itu, retakan pun kerap terjadi lantaran pergantian cuaca.

Jika Anda menemukan beberapa tanda tersebut pada ban mobil, maka pastikan untuk tidak ragu dengan langsung membawanya ke bengkel mobil. Mereka akan melakukan pengecekan dan jika memang diperlukan maka segera lakukan penggantian demi keamanan Anda saat berkendara. Sumber beritaoto.net

No comments:

Post a Comment